Saturday, March 20, 2010

Bahagia ketika meninggal dunia!!!

Setiap manusia pasti akan meninggal dunia. Tidak ada manusia yang hidup di bumi ini yang tidak akan meninggal dunia. Jika anda termasuk orang yang tidak percaya bahwa kematian itu ada, anda bisa pergi ketempat perkuburan massal ataupun pribadi yang ada didekat tempat tinggal anda.

Dalam Al Quran, Allah SWT telah mengatakan bahwa setiap makhluk yang bernyawa itu pasti akan meninggal dunia (QS. 21 Ayat 35). Tidak ada orang yang bisa mengelak dari kematian walaupun ia berada dalam benteng yang besar dan tinggi yang dilapisi baja, kematian pasti akan datang menjemput. (QS.4 Ayat 78).

Ketika seorang anak manusia telah menemui kematian, maka habis semua ladang amal baginya. Rasulullah Muhammad SAW bersabda bahwa apabila kematian telah menjemput anak cucu adam maka terputuslah sem
ua ladang amal baginya kecuali tiga hal. Tiga hal tersebut yaitu anak yang sholeh, ilmu yang bermanfaat, dan amal jariyah. (HR. Muslim)

Anak yang sholeh merupakan salah satu ladang amal bagi orang tua yang meninggal dunia. Anak yang sholeh akan selalu mendoakan orang tuanya dan berbuat yang terbaik didunia ini sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Maka hal ini juga akan memberikan pahala kepada orang tua si anak yang telah meninggal dunia karena semasa hidupnya telah mendidik sang anak untuk menjadi anak yang sholeh.

Kemudian hal lain yang tidak akan terputus aliran pahalanya ketika kita meninggal dunia adalah ilmu yang bermanfaat. Maksud dari ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang kita ajarkan atau bagikan kepada orang lain dan digunakan dijalan yang benar.

Sebagai contoh, pada awalnya ketika lahir kita tidak bisa berhitung dan juga membaca. Orang tua dan guru kita mengajarkan kita membaca dan berhitung sampai kita bisa. Kemudian ketika kita menikah dan kita punya anak, maka kita juga mengajarkan anak kita belajar membaca dan berhitung.

Hal inilah yang dinamakan dengan ilmu yang bermanfaat. Ladang pahala yang akan terus mengalir kepada kita walaupun kita sudah meninggal dunia. Ilmu yang bermanfaat ini bisa dikatakann sebagai ladang pahala yang bertipe MLM. Dimana setiap ilmu yang kita berikan atau kita ajarkan kepada orang lain dan orang lain menyampaikannya kepada orang lain lagi dan orang tersebut menjalankannya dengan baik dan benar sesuai yang digariskan oleh Allah SWT, maka kita akan mendapatkan pahala yang sama dengan orang yang melakukannya.

Terakhir yaitu Amal Jariyah. Amal Jariyah mungkin bisa kita katakan sebagai perbuatan pribadi yang mempunyai dampak yang sangat besar bagi orang banyak. Pahala akan kita dapatkan trus menerus selama hal yang kita lakukan tersebut masih ada dan masih digunakan oleh orang lain.

Sebagai contoh amal jariyah yang dapat kita lakukan seperti membersihkan lingkungan secara bersama-sama, membangun jembatan sebagai penghubung antara satu tempat dengan tempat yang lain, membangun tempat pendidikan, ataupun membangun tempat ibadah.

Setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh orang yang berada diatas tempat yang ada amal jariyah yang kita lakukan tersebut, maka kita akan mendapatkan pahala dari setiap perbuatan baik yang dilakukan oleh orang yang menggunakan hal yang telah kita lakukan tersebut.

Berkenaan dengan amal jariyah, kami menawarkan kepada anda semua untuk bersama-sama beramal jariyah. Kebetulan ada sebuah masjid di daerah kami yang saat ini sedang mengalami proses renovasi karena sudah hampir tidak bisa menampung jumlah jemaah yang sudah banyak.

Masjid tersebut bernama Masjid Al Hidayah. Masjid tersebut beralamat di jalan Lunjuk Jaya Samping Universitas Sriwijaya Palembang. Anda dapat mengirimkan bantuan anda langsung kepada pengurus masjid atau melalui rekening Bank Mandiri dengan nomor rekening 113-00-0553374-4 atas nama Sunjani SE/Drs. H. Eddy Arsuady, MM.

Perlu diketahui bahwa Bapak Sunjani SE dan merupakan salah satu karyawan bank swasta terbesar di Indonesia. Sedangkan Bapak Drs. H. Eddy Arsuady, MM merupakan salah seorang pejabat Kepala Dinas di Lingkungan Pemerintahan Kota Palembang.

Mari bersama-sama kita menjadi pribadi yang sholeh dan sholeha sehingga bisa mengalirkan pahala kepada diri sendiri dan juga tentunya kepada orang tua kita sehingga bisa menjadi penolong bagi orang tua kita untuk masuk kedalam surganya Allah SWT.

Selain itu mari bersama-sama kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam membagikan ilmu pengetahuan yang kita miliki kepada orang-orang lain yang membutuhkan demi terwujudnya cita-cita pendiri bangsa kita untuk Indonesia yang adil, cerdas, dan bermartabat serta beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa.

Kemudian mari kita bersama-sama menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam hal beramal jariyah dan dalam hal peduli sama tetangga. Apabila kita telah melakukan itu semua, kami yakin bahwa kita akan tenang ketika kita menghadapi kematian. Tidak akan ada rasa takut pada diri kita, tetapi yang ada hanyalah perasaan gembira untuk bertemu dengan Allah SWT dan yang pasti kita harus ikhlas dalam setiap perbuatan baik yang kita lakukan.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates