Wednesday, March 18, 2015

Motivasi Semangat Tahajjud

Muhasabah CINTA (Cerita dan Inspirasi Tahajjud) Bersama Uti Konsen.U.M.

Judul : AHLI TAHAJJUD TERGOLONGAN AHLI IBADAH



Bismillahirohhamaniroohimm .....

Sebuah riwayat menyebutkan bahwa Allah swt berfirman “ Sesungguhnya yang benar – benar hamba-Ku adalah orang yang bangun tanpa menunggu ayam berkokok.”

Diantara musuh iblis laknatullah “ Orang yang mau shalat tahajjud saat kebanyakan orang terlelap tidur.” Imam Syafe’I berkata “ Kian berat amal kebajikan, kian besar godaannya,kian besar pahalanya. Karena itu shalat tahajjud bernilai tinggi,sebab berat melaksanakannya.” Orang-orang salaf yang istiqamah tahajjud dan tertidur pada suatu malam tiba-tiba bermimpi didatangi seseorang seraya berkata.” Bangunlah dan shalatlah ! Tidakkah engkau mengetahui bahwa kunci – kunci surga itu ada bersama orang – orang yang dawam tahajjudnya. Mereka adalah juru kunci surga, mereka adalah juru kunci surga.”

Dr. A’id Abdullah al Qarni dalam bukunya ‘ Al Quran Berjalan' antara lain menulis “Salah satu rahasia kemenangan dan kesuksesan Rasulullah saw adalah karena beliau menjadikan ketaatan dan ibadah kepada Allah sebagai bekal perjuangan. Allah swt memerintahkan beliau untuk menjadi ahli ibadah agar beliau memikul beban dan tugas risalah-Nya yang Maha Berat itu.”

Lama setelah Nabi saw wafat, Abdullah bin Umar bertanya kepada Aisyah ra “Apa kesan yang paling mempesona dari semua yang pernah engkau saksikan pada diri Rasulullah saw ? ”. 
Setelah berdiam sejenak dan tampak kedua bola matanya berkaca-kaca, Aisyah ra dengan suara agak serak berkata “ Kaana kullu ‘amrihi ‘ajaba “. (Semua perilakunya  menakjubkan bagiku).
 Lalu Aisyah ra  bercerita tentang Nabi saw yang selalu minta izin untuk tahajjud dan sikap Nabi terhadapnya ketika satu waktu ia tertidur karena tidak sanggup mengikuti lamanya Nabi saw bertahajjud. Nabi saw mengangkat kepala Aisyah ra ke pahanya dengan penuh kasih sayang.

Ummu Sulaiman berpesan kepada anaknya “Hendaklah engkau tidak tidur malam !. Sebab orang tidur malam tidak punya kebaikan di hari perhisaban.”

Al Harrits al Muhasibi berkata “Ketahuilah bahwa orang yang mencari akhirat tetapi tidak Tahajjud adalah tidak baik. Bagaimanapun juga, orang yang menghendaki akhirat harus selalu mencari tambahan bekal secara terus menerus.”

Diantara keutamaan yang dikaruniakan Allah swt kepada ahli tahajjud ialah :
1. Tercatat sebagai orang yang baik dan berhak mendapat balasan kebaikan  berupa anugerah rahmat dari-Nya (Adz-Dzariyat (51) : 15-18).
2. Akan mendapat penyempurnaan atas kekurangan dan cacat kewajiban shalat dan meningkat derajatnya menjadi maqaamammahmuda , kedudukan yang terpuji (Al Isra’ (17) : 79.
3. Selalu mendapat pujian dari Allah ( Al Furqan (25 ) : 64 ).
4. Dipersaksikan sebagai orang yang beriman.(As-Sajdah (32) : 16).
5. Akan dibedakan derajatnya dengan yang malas shalat malam. (Az-Zumar (39 ) : 9)

Orang yang sudah merasakan nikmatnya bertahajjud, akan bersungguh – sungguh melakukannya setiap ada kesempatan, dan akan merasa menyesal bila ada satu malam yang terlewatkan. Satu malam yang terlewatkan tanpa tahajjud akan ia “tambal/ganti“ berupa kegiatan lain yang bermakna pada kesempatan berikutnya.


Wallahu’alam.

Semoga Allah memberikan kekuatan utk bisa bangun malam & menggolongkan kita menjadi ahli Tahajjud yg tulus ikhlas.

0 comments:

Post a Comment

Template by:

Free Blog Templates